4 Cara Mudah Mengambil Screenshot di PC/Laptop

08.22

Screenshot. Apa itu screenshot? Screenshot adalah gambar tangkapan layar yang biasa kamu lihat di Kompiwin. :v Tutorial dan tips dalam artikel di Kompiwin tidak akan eksis jika tanpa adanya screenshot.

Buat kamu yang hendak mengambil screenshot di PC/laptop bersistem operasi Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, hingga Windows 10, kamu bisa mengambil screenshot dengan beberapa cara yang mudah dilakukan. Windows 8 hingga Windows 10 dapat diambil screenshot dengan keyboard shortcut.

Mengambil Screenshot Layar Komputer

Logo Windows + Print Screen (PrtSc)

Untuk mengambil screenshot di Windows 8, dan Windows 8.1, dan Windows 10, tekan Logo Windows+Print Screen (PrtSc) secara bersamaan di keyboard komputer. Seketika itu, kamu akan melihat layar berkedip sebentar. Itu adalah tanda bahwa screenshot telah diambil.

Lalu di mana lokasi folder screenshot tersebut? Lokasinya berada di folder pribadi Picture.

C:\Users\[nama user]\Pictures\Screenshots

Selamat! Kamu telah berhasil mengambil screenshot di Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10.

Lalu bagaimana cara mengambil screenshot di Windows 7? Bagi kamu pengguna Windows 7, kamu bisa mengambil screenshot dengan cara selanjutnya ini.

Print Screen

Pengguna Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10, dapat melakukan cara ini. Tekan tombol Print Screen. Setelah menenekan tombol itu, kamu telah mengambil screenshot namun tersimpan dalam RAM. Artinya, kamu telah mengambilnya dan meng-copy screenshot itu. Untuk menampilkannya, kamu harus mem-paste screenshot yang telah diambil tersebut ke mana pun yang kamu inginkan, misalnya Microsoft Word atau Paint atau apa pun itu.

Alt + Print Screen

Caranya sama seperti sebelumnya. Tekan Alt+PrintScreen, dan paste screenshot yang telah diambil. Namun, cara ini hanya mengambil screenshot dari jendela aktif saja. Taskbar dan yang lain tidak dapat diambil screenshot-nya.

Snipping Tool

Di Windows, ada aplikasi bawaan yang bernama Snipping Tool. Aplikasi ini berguna untuk mengambil screenshot dan membuat anotasinya. Untuk menemukan aplikasi ini, cari melalui Cortana (Windows 10) atau buka Start dan ketik “snipping tool”.


Itulah cara mengambil screenshot di Windows.

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar