Cara Riset Keyword Paling Jitu

03.04
Cara riset keyword paling jitu - Dalam teknik SEO, riset keyword sangatlah penting dan terpenting karena ini berhubungan dengan serp google ataupun mesin pencari lainnya. Jika anda memilih keyword yang salah, maka janga heran kalau blog anda tersebut sepi pengunjung alias tidak ada trafik. Dan kalau nantinya blognya sepi pengunjung pasti akan membuat kita malas untuk mengupdate dan mengurus blog tersebut. Namun, insya Allah kita akan membahas cara riset keyword paling jitu disini bersama-sama dan bisa membuat blog anda rame dengan pengunjung.

APA SIH RISET KEYWORD TERSEBUT ?


Nah, banyak para pemula biasanya menanyakan pertanyaan semacam itu, namun disini anda akan menemukan jawabannya secara langsung. Riset keyword adalah memilih kata kunci yang tepat sesuai dengan topik pembahasan yang ada diblog kita masing-masing, ini adalah salah satu strategi SEO dalam mengopimasi mesin pencari. Dengan memilih kata kunci yang tepat maka kita juga akan mudah bersaing di halaman pertama google dengan blogger lainnya.
www.rizalafni.com
cara riset keyword

Namun, apa saya yang harus dilakukan dalam memilih keyword yang tepat ?
Untuk memilih keyword yang tepat sesuai dengan topik blog kita, dasanya adalah kita analisis turunan nya dari satu keyword sesuai topik yan kita bahas. Sebelum kita bahas cara analisis keyword turunun mari kita bahas sedikit tentang macam-macam keyword terlebih dahulu. Untuk keyword itu sendiri terdapat empat jenis keyword, diantaranya adalah :
  • Short Tail Keyword
  • Long Tail Keyword
  • Keyword Abadi
  • Keyword Musiman ( Trends )
Nah, itulah empat kategori keyword yang terdapat dalam dunia blogging. Namun kita juga akan membahas sedikit bagaimana pengertian dari ke-empat keyword tersebut.

1. Short Tail Keyword - jenis keyword yang singkat, biasanya hanya digunakan dengan satu atau dua kata saja. Misalkan :
  • Games
  • Games Android
  • Android Terbaru
  • Spesifikasi Android, dan lain sebagainya
Untuk jenis keyword seperti ini biasanya akan sangat banyak persaingan dan sangat sulit untuk bersaing dengan keyword seperti ini, kecuali anda sudah master pro SEO.

2. Long Tail Keyword - Keyword ini adalah turunan dari jenis keyword diatas, biasanya penggunaan keyword jenis ini agak panjang dari keyword diatas. Misalkan :
  • Download Games Android
  • Game Balap Paling Keren
  • Kumpulan Game Android 2016, dan lain sebagainya.
Jenis keyword ini sangat direkomendasikan bagi blogger pemula, karena tingat persaingan lebih rendah dibandingkan dengan short tail. Keyword ini juga bisa mendapatkan halaman satu google. Sangat bermanfaat bagi pemula.

3. Keyword Abadi - Keyword jenis ini adalah keyword yang selalu dicarikan orang untuk mencari bebagai informasi tidak terbatas oleh waktu dan jaman. Contoh daro keyword abadi adalah :
  • Cara Menghindari Penyakit Stroke
  • Obat Herbal Lambung, dan lainnya.
Kata kunci seperti itu adalah kata kunci yang selalu dipakai oleh orang, karena setiap orang didunia ini akan mengalami sakit dan hal-hal lain sebagainya. Biasanya jenis keyword ini sangat mudah ditemukan di blog kesehatan yang membahas semua informasi tentang penyakit dan lain sebagainya.

4. Keyword Musiman ( Trending ) - Keyword jenis ini adalah jenis keyword yang hanya populer beberapa saat ataupun kebalikan dari jenis keyword abadi. Misalnya :
  • Jadwal Liga Inggris
  • Hasil Pertandingan Madrid Vs Barcelona
Nah, saya kira jenis keyword ini sudah sangat anda pahami, karena hanya bersifat sementara saja diwaktu tersebut.

Lalu, bagaimana cara meriset keyword yang paling jitu ?
Sebenarnya untuk meriset keyword tidaklah begitu sulit karena sudah banyak tools yang berserakan di internet yang bisa kita manfaatkan. Namun, bagi anda yang belum tau caranya, simak saja artikel ini sampai habis. Disini kita memanfaatkan Google Adwords, Ubersuggest dan Keyword Shitter. Baiklah, simak saja langkah-langkah berikut ini.

Pertama anda tentukan dulu satu keyword yang berkenaan dengan topik diblog anda.
Kemudian Masuk ke Ubersuggest dan masukkan satu kata kunci yang menurut anda penting untuk blog anda. Disini saya memasukkannya dengan kata kunci " Optimasi SEO ", selanjutnya pilih jenisnya WEB dan negaranya indonesia, sesuai dengan blog anda. Lihat gambar dibawah.



Kemudian klik suggest untuk melihat berbagai macam turunan yang sejenis dengan kata kunci kita masukkan dan nantinya akan ada banyak kata kunci turunan yang terdapat disana. Berikutnya, klik view as text dan copy semua keywordnya ke notepad dan simpan dengan ektensi txt.

Nah berikutnya kita akan menganilis lagi keyword " Optimasi SEO " menggunakan Keyword Shitter. Silahkan anda masukkan dulu ke Keyword Shitter, kemudian masukkan satu kata kunci seperti tadi untuk menganalisis lagi dan klik Start Job. Tunggulah sampai tampil beberapa keyword turunannya dan simpan juga kedalam notepad dan simpan dengan format txt.

Berikutnya kita akan menganalisis jumlah jumlah pencarian keyword dengan bantuan Google Adwords : Keyword Planner. Langsung saja anda masuk ke Google Adwords : Keyword Planner dengan akun google sobat. Kemudian klik Get Search Volume Data and Trends, lalu klik upload dan pilih keyword yang telah anda simpan dengan format txt tadi, kemudian klik Get Search Volume pada tombol Biru tersebut. Lihat gambar !

Kemudian jika sudah selesai, maka langsung saja klik Download dan pilih format CSV dan buka file nya dan silahkan anda pilih mana kata kunci yang paling bagus berdasarkan jumlah pencarian yang anda inginka.

Itulah tips memilih keyword yang paling mudah dan jitu, semoga bermanfaat dan berguna bagi kita semuanya. Jika ada pertanyaan ataupun dimana saja ada yang kurang anda pahami silahkan saja menanyakan dikolom komentar agar bisa saja jawab sebisa saya.

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

2 komentar

kurang efeltif gan kalo kaya gitu, bagusan kamu lihat langsung di google berapa hasil pencarian nya, itu yang akurat mah hehe

Balas

heheheh, klo yg efektif itu yg keyword musiman gan, karena bisa kita lihat di google trends :)

Balas