Cara lihat Source Code aplikasi Android

13.45

Assalamua'laikum wr..wb !!

CARAKU404 - Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara melihat source code suatu aplikasi android yang berektensi apk. Sebenarnya cara ini bisa digunakan untuk memoding aplikasi tersebut dan bisa mengedit aplikasinya sesuka hati, namun disini saya memakai judul dengan " cara lihat source code aplikasi android " agar mirip dengan postingan sebelumnya tentang tutorial-tutorial menggunakan Visual Basic. Untuk melihat source code suatu aplikasi android kita membutuhkan dua tools tambahan, yaitu :
  • Apk Studio bisa langsung download DISINI dan
  • Java JRE agar bisa kita install tools Apk Studio, bisa langsung download DISINI
Jika sobat sudah mendownload kedua tools diatas, maka sobat install terlebih dahulu Java JRE nya agar Apk Studio nya bisa di install. Nah, sekarang bagi sobat yang ingin mengoprak-ngaprik ataupun mau melihat source code yang terdapat pada aplikasi android, sobat buka langsung tools Apk Studio, kemudian klik Open dan Pilih APK ataupun bisa langsung tekan CTRL+N untuk mengompres aplikasu android yang berektensi APK. Kemudian langsung saja klik " Decode " dan tunggu proses pengompresannya selesai, maka akan muncul seperti ini :

Cara lihat Source Code aplikasi Android

Setelah pengompresan selesai maka sobat akan melihat source code yang terdapat pada aplikasi android tadi seperti pada gambar diatas, disana sobat bisa memodifikasi aplikasi tersebut dengan mengedit source code nya ataupun sobat bisa menganti icon serta nama dari aplikasi android tersebut. Sobat juga bisa melihat lihat source code lainnya dengan mengklik salah satu folder yang terdapat disamping kiri tersebut. Untuk mengganti icon aplikasi tersebut sobat bisa mencari folder yang bernama " Drawable " dan mereplacenya dengan icon yang sobat suka.

Jika sobat sudah terbiasa mengoprak-ngaprik source code ataupun seperti coding2 pada VB ataupun HTML maka sobat bisa dengan mudah mengerti untuk memodifikasi suatu aplikasi android. Jika sobat sudah mencoba untuk memodifikasi ( Mod ) sobat bisa simpan langsung dengan cara klik pada menu Project dan pilih Build atau langsung saja tekan tombol F5 di keyboard sobat.

Hanya sekian yang dapat saya share pada postingan kali ini semoga bermanfaat bagi yang sedang belajar me moding aplikasi android, dan bisa mengerti bagaimana cara mod suatu aplikasi android. Jika, ada pertanyaan langsung saja ditanyakan di kolom komentar.
Terimakasih

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

2 komentar

wah mantap nih infonya gan..kebetulan saya sedang mempelajari bagaimana cara buat apps android, saran aja nih gan :) buat juga tutorial tentang buat aplikasi android untuk majalah :)

Balas

hehehhe, nanti gan, klo udh pinter :D
skrg mau bljar2 oprak aprik dlu, sekalian kita pelajarinya :)

Balas