Belajar HTML tingkat dasar

10.42
Dasar HTML

SHARING404.NET | HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language, ini adalah salah satu bahasa pemograman website cukup tinggi dan mudah untuk mempelajarinya. Cara membuatnya pun cukup mudah kita cukup menggunakan bantuan tools Notepad/Notepad++, kedua tools ini juga hampir sama, namun Notepad++ lebih rinci dalam penggunaannya dan mudah untuk dipahami.
Penggunaannya cukup memasukkan kata ataupun TAG HTML atau sering disebut source code kedalam Notepad dan disimpan dengan ektensi.html

Nah, untuk pembuatan HTML dasar kita bisa menggunakan TAG seperti dibawah ini :

<html>
<head>
<title>Belajar</title>
</head>
<body>Ini tutorial pertama saya belajar <b>HTML</b>
</body>
</html>

Bisa dilihat seperti code diatas adalah code yang paling dasar untuk membuat suatu file html, untuk penjelasannya bisa langsung disimak dibawah ini !

  • <html> ini adalah code awal atau code pembuka suatu file htm yang kemudian ditutup dengan code </html>
  • Untuk kode judulnya kita hanya perlu menuliskan code <title>
  • Sekarang kebagian isinya, untuk bagian isinya kita pakai code <body> yang dutup dengan kode </body>
  • Untuk menebalkan tulisan maka yang dipakai adalah code <b>

Nah, bagaimana cukup mudah bukan ?
Sekarang kita akan mencoba menggabungkan nya dengan code lainnya, seperti dibawah ini :

<html>
<head>
<title>Belajar</title>
</head>
<body>
<h1>Ini adalah tutorial pertama saya belajar HTML</h1>
<h2>ini adalah tutorial pertama saya belajar HTML</h2>
<li>Mudah</li>
<li>Praktis</li>
<p>Saya bisa karena saya belajar, tetaplah belajar dimanapun kita berada</p>
</html>

Nah, untuk sekarang coba save dengan ektensi .html lihat bagaimana tampilannya, apakah sudah lebih menarik bukan ?
Untuk belajar HTML kita hanya perlu mengenal dulu dasar-dasar bahasa HTML seperti diatas, dan kemudian kita padukan beberapa code htmlnya dengan beberapa TAG code html lainnya.

Sekarang mari kita gabungkan code diatas denga menambahkan beberapa table dan kolom, langsung saja simak dibawah ini :

<html>
<head>
<title>Belajar</title>
</head>
<body>
<h1>Ini adalah tutorial pertama saya belajar HTML</h1>
<h2>Ini adalah tutorial pertama saya belajar HTML</h2>
<li>Mudah</li>
<li>Praktis</li>
<p>Saya bisa karena saya belajar, tetaplah belajar dimanapun kita berada, karena belajar itu tidak mesti disekolah maupun diuniversitas, belajar itu bisa dimanapun asal kita mau, tetaplah semagat dalam belajar agar sukses nantinya dan bisa menggapai cita-cita setinggi langit.</p>
<p>CONTOH TABELNYA DIBAWAH INI</p>
<table border=1>
<tr>
<td>Nama</td>
<td>Alamat</td>
<td>Status</td>
<td>Judul</td>
</tr>
<tr>
<td>Rizal Afni</td>
<td>Aceh</td>
<td>Mahasiswa</td>
<td>Belajar HTML</td>
</tr>
</table>
<p>Hanya sekianlah tutorial HTML dasar dari saya, semoga bisa bermanfaat untuk semuanya</p>
<b>Terimakasih</b>

Tampilannya akan jadi begini !
Belajar HTML tingkat dasar
Nah, kemudian Save dengan ektensi .html > misalnya belajar.html, kemudian ubah Save As Type menjadi All files dan langsung tekan OK, kemudian silahkan buka File html yang dudah dibuat tadi dan lihat hasilnya.
Jika ada pertanyaan seputar HTML bisa langsung ditanyakan pada kolom komentarnya, agar lebih mudah untuk memahaminya.



Mungkin hanya sekian yang dapat saya bahas, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi yang ingin belajar, untuk tingkat lanjutannya akan update lagi postingan berikutnya, jadi jangan lupa untuk selalu berkunjung ke blog yang sederhana ini.
Terimakasih

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

4 komentar

thanks gan udah share , tapi saya sudah ngerti dasar HTML nya gan :D kebetulan saya TKJ

Balas

iya gan, thanks buat reponnya , skses slalu :D

Balas

nice post gan, ane borkmark ya....
pengen blajar nih.... heheee....

Balas

ini kayaknya dari buku "Webmaster" ya? ;D
pokoknya ada dah kyk artikel diatas, penerbitnya ane lupa

Balas