Cara Membuat Partisi Harddisk Baru dan Menambah 'Unallocated Disk Space' tanpa Software

01.46
membuat partisi baru

Membuat partisi baru adalah membuat tempat penyimpanan baru dengan membagi ruang pada salah satu partisi lain. Anda dapat membuat partisi baru dari suatu harddisk tanpa software ekstra karena Windows memiliki alat untuk membuatnya.

Cara Membuat Partisi Baru

Sebelumnya, pastikan bahwa Anda telah login sebagai administrator.
Untuk membuat partisi baru, bukalah Disk Management. Jika Anda menggunakan Windows 8.1, tekan Logo Windows + X pada papan-ketik Anda. Lalu pilih Disk Management.
disk management

Terbukalah Disk Management. Alat inilah yang berguna untuk membuat partisi baru. Untuk membuat partisi baru, Anda memerlukan unallocated disk space, yakni ruang disk yang kosong; atau free space (berwarna hijau). Jika Anda sudah memiliki unallocated disk space (yang berwarna coklat), atau free space yang cukup, maka lewati poin 1 dan ikutilah poin 2.


1. Menambah Unallocated Disk Space

Untuk menambah unallocated disk space, klik-kanan pada partisi yang memiliki cukup ruang untuk di-shrink. Pilih Shrink Volume.

Pada "Enter the amount of space to shrink in MB", masukkan jumlah ruang/ukuran dalam MB yang nantinya akan dipakai sebagai jumlah ruang pada partisi baru yang hendak dibuat. Lalu klik "Shrink".
1GB = 1024MB

Tunggu beberapa saat, dan jangan mengklik apa pun pada jendela "Disk Management". Jika sudah, maka Anda akan melihat panel "Unallocated" berwarna coklat.

Jika ada, itu artinya Anda telah berhasil menambah unallocated disk space.

2. Membuat Partisi Baru

Untuk membuat partisi baru, klik-kanan pada Unallocated yang berwarna coklat itu, atau klik-kanan pada Free Space yang berwarna hijau. Pilih "New Simple Volume".

Klik Next. Masukkan jumlah ruang untuk membuat partisi baru. Lalu klik Next.

Pilih huruf yang nantinya akan menjadi nama partisi, misalnya G. Lalu klik Next.

Pilih "Format this volume ...", dan pilih pengaturan lainnya sesuai dengan format pada gambar di bawah ini:

Lalu isi label partisi baru, misalnya "Data Ekstra". Jika sudah, klik Next. Lalu klik Finish.

Apa Selanjutnya

Setelah itu, terbukalah jendela baru dari File Explorer dengan membuka partisi baru yang telah dibuat tadi. Anda dapat mengisi data apa pun ke dalamnya. Mungkin nanti ada tutorial tambahan mengenai ini. Tunggulah selalu di Kompiwin!

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar