Cara membuat Localhost dengan XAMPP

11.32
Assalamu'alaikum wr..wb !
Salam sejahtera kepada pengunjung setia blog ini, semoga sehat selalu dan diberi kemudahan dalam berbagi hal oleh yang maha kuasa.



XAMPP
Nah, pada artikel kali ini saya akan share tutorial seputar cara membuat localhost dengan menggunakan XAMPP, sebelum kita masukkin ke tutorialnya langsung, mari kita bahas sejenak apa itu XAMPP ?


XAMPP adalah sebuah software web server apache yang didalamnya tertanam server MySQL yang didukung dengan bahasa pemograman PHP dan HTLM untuk membagun suatu website. Xampp juga support ke dua Sistem Operasi, yaitu Windows dan Linux. 

Didalam software XAMPP juga terdapat beberapa komponen vital, seperti :

  • Apache
  • PHP
  • SQL
  • PHPMyAdmin
Nah, sekarang kita langsung saja masuk ke intinya, yaitu cara membuat localhost dengan XAMPP
Pertama yang anda download dulu software XAMPP, bisa langsung klik DISINI
Jika proses downloadnya sudah selesai kemudian ektraks dan Installs XAMPP Control Panel, kemudian langsung saja buka partisi C: anda dan cara folder » XAMPP « dan selanjutnya buka folder » htdocs « dan buatlah sebuah folder didalam folder htdocs tersebut, disini saya akan membuat sebuah folder dengan nama » sttp « , jika sudah selesai maka buatlah sebuah script index dengan » Notepad « , buka notepad dan masukkan script berikut :

<html>
<head>
<title>STTP</title>
</head>
<body>
<h1>Belajar membuat Localhost dengan XAMPP</h1>
<li>Teori</li>
<li>Praktek</li>
<p>Belajar bersama <b>Rizal Vanstien Callenfelz</b></p>
</body>
</head>
Kemudian save difolder XAMPP » Htdocs » dengan nama index.html dan jangan lupa untuk mengubah save type ke all files.

Jika sudah selesai, langsung saja buka software XAMPP yang sudah di install tadi dan klik start pada module : Apache, MySQL, Mercury. Kemudian buka browser anda klik http://localhost/sttp , sesuai dengan nama folder yang sudah dibuat didalam folder htdocs.
Maka akan muncul seperti dibawah ini :


pengertian xampp

Nah, jika sudah keluar begitu artinya anda sudah berhasil membuat sauatu localhost dengan menggunakan XAMPP, jika anda ingin menampilkan indexnya lebih bagus maka silahkan kreasikan dengan menggunakan script PHP maupun script HTML anda sendiri, dengan demikian berakhirlah cara membuat localhost dengan menggunakan XAMPP.
Terimaksih

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

1 komentar

Wah biasanya ane juga pkek Xampp gan :D Buat belajar aja

Balas