Cara buat Pemutar Video sederhana VB6

13.56
Cara buat Pemutar Video sederhana VB6


CARAKU404.COM | Artikel kali ini saya akan membahasa seputar Visual Basic 6.0 yaitu cara membuta pemutar Video ataupun pemutar media dengan VB6 seperti yang terlihat pada gambar diatas. Sebenarnya untuk membuat aplikasi pemutar video anda sendiri menggunakan VB6 sangatlah mudah, karena codingnya juga cuma 2 baris pendek. Namun bagi anda yang baru belajar menggunakan Visual Basic 6.0 anda bisa mengikuti langkah-langkah bagaimana cara membuat pemutar video sendiri dengan vb6. Langsung saja kita masuk dalam tutorialnya dibawah ini.
  • Pertama silahkan anda buat sebuah form dengan Standart EXE
  • Kemudian tambahkan 2 komponen dengan cara tekan CTRL+T dikeyboard anda dan pilih komponen " Microsoft Commond Dialog Control 6.0 (SP6) " dan komponen " Windows Media Player " yang terletak di bawah
  • Selanjutnya seretkan windows media player ke form yang anda buat tadi seperti yang ada pada gambar diatas
  • Kemudian masukkan sebuah commond dialog ke form tadi juga seperti pada gambar
  • Selanjutnya masukkan sebuah command untuk Open files, lihat pada gambar
Untuk proses pembuatan formnya sudah selesai, kini kita tinggal menjalankan program tersebut agar videonya bisa diputar. Lalu bagaimana caranya, nah untuk caranya sangat mudah langsung saja anda klik pada commond dialog yang telah anda tambahkan ke form tadi kemudian ganti " Name " nya dari Commond Dialog menjadi CD saja agar codingnya juga tidak susah saat anda masukkan. Jika sudah selesai sekarang anda double klik pada command yang telah anda tambahkan tadi untuk Open files dan masukkan coding ataupun syntax ini !

CD.ShowOpen
WindowsMediaPlayer1.URL = CD.FileName
Kemudian coba anda jalankan program anda dengan cara tekan F5 dikeyboard anda dan klik pada command Open files dan silahkan anda pilih salah satu videonya untuk diputar, jika sudah dijalankan maka programnya sudah jalan dan tutorialnyapun selesai. Sedikit lagi jika anda ingin menambahkan sebuah gambar pada pemutar video anda tersebut silahkan anda masukkan sebuah " images pada component disamping kiri dan pilih gambar yang ingin anda masukkan.


Cara buat Pemutar Video sederhana VB6

Nah, gambar diatas adalah gambar dari program yang kita buat tadi dan sudah bisa dijalankan dan videonya juga bisa diputar seperti biasa. Jika anda masih bingung silahkan anda tanyakan pada kotak koment dibawah. Hanya ini yang bisa saya share caranya semoga bisa bermanfaat bagi yang sedang belajar Pemograman.

Terimakasih

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

1 komentar

Pengen banget gan bisa ahli dalam pembuatan software tapi sampai saat ini belum ada waktu untuk mempelajarinya

Balas