Fungsi FTP dan cara membuat akun FTP

10.50
Fungsi FTP dan cara membuat akun FTP

CARAKU404.COM | Kali ini saya juga akan membahas sedikit seputar tutorial ataupun fungsi dari FTP dan bagaimana cara membuat akun ftp di hosting Cpanel. Sebelum kita membahas bagaimana cara membuat akun ftp tersebut alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu fungsi dari ftp ataupun pengertian dari ftp tersebut. Baiklah, langsung saja kita bahas apa itu FTP ?

FTP merupakan singkatan dari File Transfer Protokol adalah sebuah protocol internet yang merupakan standart untuk pentransferan sebuah file ataupun document antar komputer dalam sebuah jaringan internet ataupun antar jaringan. Melalui koneksi FTP kita bisa menghapus, meng-copy maupun lainnya dalam sebuah jaringan. FTB tersebut juga mempunya dua bagian, yaitu : FTP Client dan FTP Server. Dari kedua Bagian tersebut juga mempunyai fungsi ataupun tugas masing-masing.
FTP Client adalah komputer yang merequest koneksi pada FTP server untuk bertujuan menukar file, menghapus file, mengubah nama,  dan lainnya sesuai izin yang diberikan oleh FTP server.
FTP Server adalah sebuah server yang berfungsi untuk melayani FTP client agar bisa saling menukar file ataupun semacamnya apabila ftp client merequest sesuatu pada ftp server tersebut. Nah, tujuan dari ftp server adalah sebagai berikut :
  • Untuk mensharing Data
  • Untuk menyediakan tempat penyimpanan ataupun storage agar bisa digunakan oleh ftp client
  • Mnyediakan indorect ataupun implicit remote computer. dan lain sebagainya..
Untuk informasi ataupun seputar ftp saya kira anda sudah tau dengan penjelasan diatas tersebut, sekarang kita akan memasuki ketahap bagaimana cara membuat akun ftp disebuah hosting ataupun pada Cpanel. Nah bagi anda yang belum mempunyai sebuah hosting, anda bisa mendaftarnya di idhostinger.com dan nazuka.net secara gratis. Untuk membuat sebuah hosting daftarlah di idhostinger ataupun nazuka seperti biasanya, anda juga bisa mendaftarnya dengan akun facebok dan google plus. Kemudian cari menu hosting yang ada diatas dan klik order hosting baru. Selanjutnya masukkan data yang diminta dan pilih buat hosting. Pilihlah hosting yang gratis saja untuk anda belajar-belajar. Jika hostingnya sudah siap, selanjutnya silahkan anda klik kelola. Pada saat anda klik kelola tersebut maka akan keluar Cpanel dengan berbagai macam menu, selanjutnya silahkan cari menu akun FTP.

Fungsi FTP dan cara membuat akun FTP

Seperti yang terlihat pada gambar diatas, itu merupakan langkah-langkah bagaimana untuk membuat akun ftp pada sebuah hosting ataupun Cpanel. Masukkan data yang di minta dan silahkan klik buat pada tanda panah tersebut. Jika sudah selesai maka untuk mengakses akun ftp anda andalah sebagai berikut : ftp.domainkamu.com , ganti domainkamu dengan subdomain yang anda daftarkan tadi saat membuat hosting. Hanya sekian yang dapat saya share tutorial cara membuat akun ftp dan fungsi beserta pengertian ftp semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi yang ingin tau. Jangan lupa untuk kembali berkunjung karena CARAKU404.COM akan selalu mengupdate artikel seputar dunia komputer dan dunia internet setiap saat.

Terimakasih

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar