Cara buat Program Input Data dengan VB6

03.57
Cara buat Program Input Data dengan VB6
CARAKU404.COM | Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial pemograman, yaitu cara membuat aplikasi daftar piket pada suatu kampus, sekolah, maupun ditempat lainnya menggunakan Visual Basic 6 (VB6), pada program yang akan saya share tutorial kali ini, saya menggunakan Database dengan Ms.Acces, bukan dengan MySQL dan walaupun sederhana, tapi bisa bermanfaat untuk yang membutuhkan, ataupun untuk yang mau belajar membuat program ataupun mengedi-edit program orang lain utnuk pembelajaran. Pada Program ini saya membuat Form dengan 2 buah Flexgrid yang saling berelasi satu dengan lainnya, seperti yang terlihat pada gambar diatas.
Pada Program yang saya buat ini membutuhkan beberapa persiapan diantaranya :
  • Software VB6
  • 7 Label dan 6 text
  • 2 Combo Box dan 1 Masked Box
  • Serta yang paling penting 6 Command dan 2 buah FlexGrid
Tapi, jika saya tuliskan tutorialnya disini saya yakin anda juga akan pusing bagaimana caranya karena codingnya pun sangat panjang dan menggunakan koneksi database, bagi yang baru belajar mungkin masih kurang paham dengan tutorialnya, maka disini saya akan membagikan langsung projectnya yang telah saya buat agar anda bisa dengan mudah unruk mempelajarainya.

Cara buat Program Input Data dengan VB6
Nah, untuk tampilan aplikasi ini adalah seperti pada gambar diatas ini, walaupun sangat sederhana tapi bisa untuk belajar ataupun bisa anda pelajari bagaimana cara unuk membuat software tersebut. Satu lagi, jika sobat telah mendownload Projectnya maka akan keluar koneksi Database error, itu dikarenakan tempat penyimpanan software tersebut yang tidak sesuai dengan yang sudah ada dikomputer anda. Untuk mengkoneksinya juga sangat mudah, jika anda masih kurang paham, anda bisa cari tutorial cara koneksi database Ms.Acces di VB6, karena tidak mungkin saya jelaskan disini, waktunya yang sangat sempit. Baiklah, langsung saja anda download Projectnya pada link yang telah saya sediakan dibawah ini :

Hanya, sekianlah yang dapat saya share tutorial ataupun project aplikasi sederhana dengan menggunakan VB6, semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi yang membutuhkan, serta jangan lupa untuk berkunjung ke CARAKU404.COM, karena akan banyak tutorial pemograman lainnya yang akan saya bagikan.
Terimakasih

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

5 komentar

kebetulan lagi coba2 ngutak ngatik vb6 ..cuma saran aja bro...ditambahin lagi penjelasannya, ya yg simpel2 aja...soalnya asli pusing 7 keliling, apalagi buat saya yg ga punya dasar TI ..:)

Balas

Ini saya membantu saya mas, dalam merancang program input data untuk tugas di kuliah saya, oea, mas..klo msih ada program yang lainnya tolong dishare kembali ya mas, saya ingin belajar pemograman :)

Terimakasih sob :)

Balas

okeys, terimakasih bg sarannya, nnti akan saya edit kembali dan akan saya jelaskan bagaimana cara koneksikan databasenya kembali, agar tidak error saat dijalannka, :)

Balas

wah ahli programming, walaupun tidak tau yang harus tau dasarnya dulu ya :)

Balas

iya sobat, ntar dipostinganberikutnya akan saya jlaskan dengan detail bgaimana cara membuat sebuah program sederhana dengn Visual Basic 6

Balas