Cara Buat Program Database Anggota Dewan

10.03
Cara Buat Program Database Anggota Dewan

Assalamu'alaikum wr..wb !
CARAKU404.COM | pada kesempatan kali ini saya juga akan mencoba berbagi satu tutorial pemograman lagi yaitu cara buat program database anggota dewan, sebenarnya disini saya tidak menjelaskan bagaimana langkah-langkah untuk membuat program ini karena saya yakin, jika saya menjelaskannya disini anda juga akan bingung, telebih-lebih bagi yang baru bergabung ke dunia programming. Pada program ataupun aplikasi ini, saya membuat 7 buah Form seperti yang terlihat pada gambar diatas, dan ke tujuh Form tersebut berbeda-beda coding atauupun syntax nya, karena masing-masing form memiliki kegunaannya masing-masing, diantara : 
  • Form Splash, berfungsi untuk menampilkan animasi saat program ini dibuka
  • Form User, ini berfungsi untuk menampung data yang telah kita masukkan kedalam database, digunakan untuk lohin program ini.
  • Form Menu, form menu ini saya buat dengan Midi Form, berfungsi untuk menu utama pada aplikasi ini.
  • Form Input Data, ini berfungsi untuk menginput data anggota dewan pada suatu kabupaten, dll.
  • Form Cari, untuk mencari data anggota dewan
Selain itu pada Designer yang ada pada sebelah kanan digambar diatas juga terdapat beberapa file, ini bertujuan untuk menampilkan laporan data dan bisa di cetak langsung. Namun, anda dapat mempelajarinya pada project yang akan saya bagikan pada akhir postingan ini. Apilkasi ini boleh di edit-edit untuk pembelajaran, namun jangan lupa kepada programmernya. Jika project ini telah anda download dan silahkan dijalankan dengan cara menekan tombol F5 yang ada pada keybor anda, dan tampilannya kurang lebih seperti dibawah ini.

Cara Buat Program Database Anggota Dewan
Sederhana namun bisa digunakan untuk kebutuhan kita. Program ini saya buat menggunaka database MySQL dan Database Ms.Acces untuk data loginnya, serta untuk menampilkan laporannya saya menggunaka Cristal Report. Oh ya, sedikit saran dari saya, untuk menjadi seorang programmer tidaklah mudah, karena disaat anda membuat program pada pertama kali, maka akan keluar error dimanapun, maka disinilah saatnya anda mencari dimana saja codingnya yang error. Sering-seringlah bermain dengan coding ataupun syntaxnya, agar anda terbiasa saat keluar pemberitahuan error maka dengan mudah dapat anda perbaiki. Sedikit lagi, Program ini saya buat dengan menggunakan Visual Basic 6.O, jadi jika anda ingin mengedit program ini, maka pada PC ataupu laptop anda harus terinstall VB6 terlebih dahulu. Baiklah, bagi anda yang ingin belajar untuk menjadi programmer silahkan download Projectnya pada link dibawah yang telah saya sediakan khusus buat anda yang mempunyai minat programmer yang tinggi.

Hanya sekianlah yang dapat saya post pada kesempatan kali ini, semoga bisa memudahkan kita semua dalam belajar maupun mencari ilmu. Jangan lupa untuk berkunjung dilain waktu, karena CARAKU404.COM akan selalu berbagi tutorial menarik lainnya.
Terimakasih

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

2 komentar

harus bingung saya ..... ijin sedot gan buat belajar ....

Balas

iya silahkan sob, terimakasih atas kunjungannya :)

Balas