Cara Buat Project Suara dengan VB6

12.24


CARAKU404 - Update artikel kali ini saya akan mencoba membahas lagi seputar tutorial Visual Basic 6.0 atau lebih sering dikenal VB6. Pada pembahasan kali ini saya akan mencoba share kepada sobat semua bagaimana cara membuat suatu project suara menggunakan Visual Basic 6.0. Sebelumnya mari saya jelaskan sedikit apa sih project suara itu ?

Yang saya maksud disini sebagai Project Suara adalah membuat suatu aplikasi yang tujuannya dapat menghasilkan suara dengan apa saja yang kita tulis pada kolom input tersebut. Seperti yang terlihat pada gambar diatas, itu merupakan Project Suara yang sangat mudah simple dan cara pembuatannya pun tidak terlalu rumit, hanya menggunakan beberapa baris bahasa pemograman saja. Buat sPertobat yang ingin mencoba membuat project ini mari kita bahas tutorialnya bersama-sama. Silahkan ikuti tahap demi tahap yang ada dibawah ini :

Pertama sobat buka dulu VB6 nya seperti biasa dan langsung saja pilih Standart EXE untuk membuat project ini. Kemudian masukan 1 Text Box dan 2 Command ke Area kerja, seperti yang terlihat pada gambar berikut.


Pada Text Box ubah tulisan text1 dengan nama sobat atapun lainnya dengan cara klik Text pada properties dan ubah tulisannya. Kemudian untuk Command nya juga sobat ubah tulisan command1 menjadi Dengarkan dengan cara klik Captions yang ada pada properties dan ubah tulisannya, begitu pula dengan Command 2.

Selanjutnya sobat klik double pada area kerja dan akan muncul kolom untuk mengisi perintah ataupun untuk memasukkan codingnya dan hapus semua coding pada kolom tersebut, kemudian sobat ganti dengan coding yang ada dibawah ini :
Option Explicit
Sub bicara(ByVal txt As String)
Dim s
Set s = CreateObject("sapi.spvoice")
s.Speak txt
End Sub


Private Sub Command1_Click()
DoEvents
If Trim(Text1) <> "" Then bicara Text1
End Sub

Private Sub Command2_Click()
Unload Me
End Sub


 Kemudian silahkan tekan F5 yang ada pada keyboard sobat untuk menjalankan project yang kita buat barusan. Jika tidak ada Error maka langsung saja sobat klik dengarkan untuk mendengar teks yang telah kita masukkan pada Text Box tadi. Hanya sekian yang dapat saya share pada postingan kali ini semoga bermanfaat dan berguna bagi siapa saja yang sedang belajar Visual Basic, dan terimakasih sudah mampir ke web yang sederhana ini. Jika ada pertanyaan silahkan sobat tanyakan pada kolom komentar yang tersedia dibawah.
Terimakasih

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

2 komentar

Wah mantap ,boleh coba ni gan..maksih info ny gan

Balas

wah keren gan.. mantep dah

Balas