Pengenalan Tentang Intel XDK

12.43
Pengenalan Tentang Intel XDK
Intel XDK

Intel XDK merupakan salah satu software yang dishare secara gratis oleh perusahaan microsoft yang berfungsi sebagai tools untuk membuat aplikasi ataupun software yang berbasis HTML5. Html5 salah satu bahasa pemograman yang digunakan untuk membuat web ataupun merancang aplikasi yang berbasi web. Dengan Intel XDK kita bisa merancang aplikasi android maupun lainnya dengan dukungan bahasa HTML5 yang bisa kita racik sedemikian rupa sehingga menghasilkan aplikasi yang berkualitas. Dalam Intel XDK ini sudah dilengkapi dengan beraga, tools dan menu diantaranya, tempat melihat code atapun coding dan tempat kita mendesign, selain itu pada intel XDK ini juga telah dilengkapi dengan tools Emulated sehingga kita dapat me review dulu aplikasi yang kita buat sebelum kita build.

Pada Intel XDK ini juga dilengkapi dengan menu Debug yang berfungsi untuk melihat kesalahan ataupun error pada aplikasi yang kita buat. Namun, intel XDK ini membutuhkan koneksi internet untuk merancang aplikasi. Intel XDK ini hampir sama dengan Dreamviewer yang dapat kita rancang ataupun mendesign aplikasinya dengan mudah tanpa membutuhkan keahlian coding, kita bisa mendesign suatu aplikasi hanya dengan meng DRAG dan DROP tools yang telah disediakan di menu control.


Gambar diatas adalah gambar dari menu control yang bisa kita gunakan untuk mendesign aplikasi yang kita buat hanya dengan drag dan drop saja, selain itu masih banyak tools yang bisa kita pakai silahkan sobat coba sendiri. Pada menu control ini juga terdapat pages yang bisa kita tambahkan page baru seperi kita membuat page dihalaman web, sangat mudah.


Gambar diatas ini adalah penampakan dari menu Emulated, pada menu ini kita dapat melihat bagaimana tampilan aplikasi yang kita buat sama seperti halnya kita memasang aplikasi dihp kita. Disini kita dapat mengetahui menu ataupun page yang kita buat apakah berfungsi atau tidak, sangat memudahkan bagi kita yang mau membuat aplikasi android sendiri. Selain itu, pada menu Emulate ini kita dapatkan memilih tampilan hp yang kita suka, misalkan Nokia, Sony, Iphone dan lain-lain untuk melihat tampilan aplikasi kita.



Yang terakhir adalah tampilan menu untuk kita Build aplikasi yang sudah kita buat, disini ada beberapa pilihan untuk kita build aplikasinya, diantaranya kita dapat membuild aplikasi ke Platform Android, IOS, Windows, Serta Windows Phone, tergantung kebutuhan dan aplikasi yang kita buat. Sangat lengkap bukan. Bagi yang penasaran silahkan dicoba sendiri bagaimana cara membuat aplikasi dengan intel xdk dan rasakan kemudahannya. Perlu saya ingatkan lagi, koneksi internet sangat penting untuk membuat aplikasi dengan tools ini. Jika ingin melihat bagaimana tutorial membuat aplikasi android dengan intel XDK ini, simak terus pembahasan di blog ini.

Itulah sekedar pengenalan seputar intel XDK, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan di kolom komentar, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambahkan wawasan kita semua dalam belajar.


Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

1 komentar

Terimaksih mas, atas penjelasannya :)

Balas