Cara buat tulisan 3D sederhana

11.55

CARAKU404 - Disini kita akan membahas bagaimana cara membuat tulisan 3D menggunakan Photoshop tentunya. Disini saya memakai Photoshop CS6 dan jika sobat menggunakan Phostohop dengan versi yang lain lain saya kira tutorialnya juga sama karena tools yang ada di semua photoshop kegunaannya sama dengan yang lain. Pada tutorial kali ini yang saya maksud dengan tulisan 3D sederhana adalah membuat tulisan pada backgroud terntentu dan menyamakan warna dari tuisan tersebut sama dengan warna yang ada pada backgroud.

Mungkin tutorial kali ini tidak sehebat tutorial-tutorial yang ada pada web master yang sudah senior dengan karya 3D nya yang sangat indah, disini hanya cara sederhana yang akan saya share. Untuk menyempurnakan nya agar lebih terlihat 3D sobat bisa mengkreasikan langsung warnanya sesuai dengan yang sobat inginkan. Baiklah disni saya telah menyediakan sebuah background sama seperti yang ada pada gambar diatas untuk sobat mempraktekkannya. Langsung saja di ambil backgroundnya.


Jika sudah, sekarang sobat langsung saja buka Photoshop nya dan pilih file kemudian Open untuk membuka gambar yang telah didownload tadi, ataupun bisa langsung tekan CTRL+O dikeyboard sobat untuk memilih gambar tadi. Nah, selanjutnya sobat silahkan masukkan sebuah teks pada backgroud tersebut yang akan kita buat warnanya sama dengan warna backgroud tersebut. Teksya boleh bebas dengan apa yang sobat ingin tulis. Untuk warna yang pertama kali pada teksnya sobat pakai dengan warna putih. Pada tools set the blending mode ubah normal menjadi darken agar teks nya tidak kelihatan. Perhatikan gambar dibawah ini.


Kemudian, sobat klik kanan pada pada tulisan diatas background dan pilih Blending Options. Disana akan muncul Box untuk kita atur bagai mana tampilan teks yang akan kita buat, selanjutnya silahkan sobat klik ataupun conteng Menu Gardient Overlay. Kemudian disini kita akan menyamakan dulu warna teks dengan warna yang ada pada bacground tersebut. Lihat pada gambar dibawah ini.


Ikuti seperti langkah yang ada pada gambar diatas sehingga warna teks dan background nya sama dan klik OK. Kemudian kita akan memberi sedikit bayangan pada teks tersebut agar lebih terlihat 3D dengan cara kita conteng ataupun kilk pada menu Drop Shadow dan atur ketebalan warna bayangannya disana. Untuk lebih jelas perhatikan gambar dibawah.


Jika ketebalannya sudah cocok langsung saja sobat klik OK dan OK. Jika sudah selesai selanjutnya kita akan memberikan sedikit cahaya seperti cahaya matahari pada samping background tersebut dan telebh dahulu kita gabungin dulu backgroud dan teksnya menjadi satau dengan cara kita block tulisan dan backgroundnya kemudian klik CTRL+E agar teks dan backgroundnya menjadi satu. Perhatikan gambar berikut kalo kurang paham.


Kemudian kita berikan efek mata hari mata gambar tersebut agar terlihat lebih manis dengan cara klik Menu Filter yang ada di toolsbar dan pilih Render dan Lens Flare, kemudian atur keterangan dari cahaya tersebut. Lihat gambar.


Aturlah letak dari cahay tersebut dimana yang ingin sobat letakkan agar lebih kelihatan menarik dan keren seperti yang ada pada gambar pertma kali diatas tadi.


Hanya sekian yang dapat saya share , mohon maaf jika tutorialnya agak kurang details dan efeknya kurang bagus, saya juga sedang belajar dan ingin membagikan pengetahuan saya kepada orang banyak, jika ada kitikan dan saran silahkan sobat tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat bagi yang sedang belajar menggunakan Photoshop. Silahkan kreasikan sendiri agar lebih menarik.
Tersimakasih.

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

5 komentar

mudah juga ya ternyata :) kebetulan saya juga lagi belajar photshop, ikut nyimak ya :)

Balas

keren banget tutorialnya. keren gan lanjutkan

Balas

wih keren juga gan.. makasih gan tutorialnya sangat bermanfaat :D hehe .. bikin logo jadi keren nih ..

Balas

wah, ternyata mudah :) saya juga suka mengeksplorasi efek teks :) hanya saja baru tahu caranya :) seperti ini :) mantap

Balas