Cara membuat menu blog

12.56
Cara membuat menu blog - Ini juga merupakan salah satu dasar-dasar seo karena kita akan melengkapi menu sebagai navigasi yang jelas bagi pengunjung. Banyak blogger pemula yang bertanya, mas bagaimana sih cara membuat menu diblog ? Saya pikir mereka benar-benar sangat pemula yang baru terjun kedunia blogging. Nah, mulai dari pertanyaan seperti itu yang saya dapati dari teman-teman di facebook, saya muncul ide untuk menjelaskan nya secara details langkah demi langkah pada artikel ini. Sebelumnya mari kita simak dulu, apa saja manfaat membuat menu diblog ?

Menu pada blog adalah navigasi yang akan mempermudah para pengunjung mencari artikel ataupun informasi yang di inginkan. Selain itu, adanya menu navigasi di blog kita juga akan membuat pengunjung tidak bosan bermain diblog kita. Karena pada blog kita menjajikan navigasi yang jelas sesuai dengan artikel yang telah kita buat.

Cara buat menu blog
Nah, sudah paham bukan ?
Untuk membuat menu sebenarnya cukup mudah jika anda sudah sering mengotak-ngatik html ataupun kode-kode yang berkenaan dengan website. Namun, jika anda tidak mempunyai keahlian dibidang itu, dan hanya ingin membuat blog seperti orang lain maka lumayan sulit. Kenapa saya bilang sulit ? Ya, dikarena kan anda belum banyak mengetahu tentang kode kode yang digunakan pada sebuah website seperti HTML, Php, CSS dan lainnya sebagainya.

CARA MEMBUAT MENU / LAMAN DIBLOG

Sekarang, mari kita masuki saja ketahap tutorialnya, anda bisa mengikuti langkah demi langkah yang akan saya jelaskan secara detils dibawah ini. Baiklah, langsung saja simak :
Pertama, misalkan anda ingin membuat sebuah menu tentang About me diblognya, maka yang perlu anda lakukan adalah membuat sebuah laman baru dan menjelaskan tentang pribadi anda disana ataupun tentang apa saja yang anda ingin buat pada blognya. Jika anda belum tau cara membuat Laman pada blog, silahkan login ke Dashboard Blogger anda dan pilih Menu Laman dibawah menu Post, kemudian langsung saja klik Laman Baru untuk membuat laman baru. Lihat gambar dibawah ini !


Nah, jika anda telah klik pada Laman Baru, maka akan tampil seperti area kita membuat postingan ataupun artikel. Selanjutnya silahkan anda jelaskan tentang menu About Me yang akan anda buat menjadi menu nantinya. Jika sudah, langsung saja klik publikasi dan lihat untuk melihat link laman yang kia buat barusan.

Sekarang biarkan dulu linknya disana, karena kita akan ke menu Template kemudian pilih Edit template. Jika sudah coba lihat menu di blog anda ada menu apa saja terlebih dahulu. Misalkan pada blog anda ada beberapa menu dari bawaan template, maka silahkan cari ambil salah satunya. Disini saya akan mencontoh Menu yang ada diblog anda adalah " Lifestyle ", kemudian kita kembali lagi ke Edit HTML tadi dan cari kata lifestye dengan cara tekan ctrl+f dan masukkan kata lifestyle disana dan Enter. Lihat gambar !


Jika sudah ketema seperti kode yang telah saya tandai dengan kolom tersebut, kemudian ubah kata Lifestyle menjadi About Me. Kemudian copy link laman yang telah anda buat tadi dan ganti dengan tanda # yang ada pada deretan kode tersebut dan klik Save Template.

Selanjutnya silahkan lihat blog anda apakah sudah terlihat menu About me nya, jika sudag berati anda benar mengikuti langkah-demi langkah ini. Dan selesai lah tutorial membuat menu di blog. Hanya sekian yang dapat saya share pada artikel kali ini semoga bermanfaat dan berguna. Ikuti terus blog ini karena kita akan membahas langkah demi langkah dalam mengoptimalkan seo blog, dengan dasar-dasar seo.

TAG : cara membuat menu diblog, cara membuat menu pada blog, cara membuat laman blog.

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar