Panduan ngeblog untuk pemula (Newbie)

12.13
Banyak dari kita yang lebih dulu terjun kedunia blog menemukan pertanyaan dari teman-teman di media social seperti facebook, twitter dan lainnya dengan pertanyaan seperti ini :

Mas, ajarin saya donk cara ngeblog ?Om minta panduan ngeblog nya donk !Mas cara membuat blog gimana sih ?dan lain sebagainya...


Nah, saya rasa andapun juga banyak mendapatkan pertanyaan seperti itu di media social maupun forum, namun disaat kita menjawab dengan satu jawaban maka akan ada banyak pertanyaan bertubi-tubi lainnya yang muncul, dan saya rasa bagi anda yang mempunyai pertanyaan seperi itu maka disini kita akan membahas seringkah dan singkat mungkin agar anda bisa mengerti.
 
www.rizalafni.com
Panduan Ngelog

Panduan ngeblog untuk pemula sampai sukses – Sebenarnya bagi anda yang baru terjun kedalam dunia blogging ataupun ingin mempunyai blog bukanlah hal yang sulit untuk mencapai kesuksesan yang luar biasa. Namun, banyak dari pemula yang sangat sering melakukan kesalahan dan itu pasti. Dengan demikian maka sangat sulit untuk mencapai kesuksesan dengan blog tersebut. Adapun kesalahan-kesahalan yang sering dilakukan oleh pemula dalam ngeblog adalah sebagai berikut ini :

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula


Terlalu sibuk dengan tampilan


Umumnya, banyak dari pemula termasuk saya disaat mengenal dunia blogging terlalu sibuk mendesign tampilannya. Maksudnya adalah banyak para blogger pemula yang sibuk dengan mengonta-ganti template dan memasang serta mencopot widgetnya.  Perlu diketahui, membuat tampilan blog terlihat keren memang bagus, namun yang paling penting adalah isi ataupun konten yang kita sajikan dalam blog tersebut.

Tidak Konsisten


Memang umumnya bagi para pemula sangat rajin mengupdate artikel disaat pertama kali membuat blognya, tapi setelah beberapa hari tiba-tiba menjadi malas mengupdate dan itu disebut tidak konsisten.

Membahas Terlalu Banyak Topic ( Blog gado-gado)


Membahas terlalu banyak topik memang bisa namun menurut saya tidaklah penting karena banyak blog yang membahas berbagai macam topik tidak mendapatkan pembaca sejatinya.

Ingin banyak statistik ataupun trafik blog secara singkat


Ini yang sangat banyak blogger pemula melakukannya, mendapatkan trafik yang banyak dalam waktu singkat memang kesalahan yang fatal menurut saya. Kenapa begitu ? Iya nantinya anda akan malas mengupdate maupun mengurus blognya disaat anda melihat trafik blognya tidak berkembang.

Terlalu berambisi mendapatkan uang secara cepat


Yang terakhir ini tidak bisa dipungkiri, banyak para pemula yang ngeblog hanya ingin mendapatkan uang dengan waktu yang singkat. Mereka bermimpi dapat menghasilkan banyak uang dengan waktu sehari, namun bukan begitu. Semuanya butuh usaha waktu maupun pengalaman ngeblog nya.

Nah, itulah beberapa kesalahan yang banyak dilakukan oleh blogger pemula, semoga saja anda tidak termasuk pemula yang sering melakukan beberapa hal seperi diatas. Dan jika memang anda sering melakukan kesalahan seperti diatas, maka kini saat nya anda untuk berubah menjadi pribadi yang konsisten dalam upaya mengembangkan blog anda tersebut. Sekarang mari kita kembali lagi ketopik diatas yaitu : panduan ngeblog untuk pemula.

Langsung saja kita simak apa saja yang harus dilakukan oleh blogger pemula untuk membangun dan mengembangkan blognya itu sendiri.

Hal Yang harus dilakukan oleh pemula dalam ngeblog


Tentukan Arah Tujuan


Ini sangat penting bagi kesuksesan blog anda tersebut. Tentukan dulu seberapa pentingnya ngeblog itu dan jika memang penting maka kemana tujuan anda memulai ngeblog agar nantinya kita menjadi konsisten dalam mengembangkan blog tersebut.

Tentukan Topik ataupun Kategori Blog


Menentukan topik ataupun niche blog memang sangatlah penting, agar nantinya anda bisa mengembangkan blog tersebut selamanya. Pilihlah topik sesuai dengan keahlian ataupun sesuai dengan hobi anda, agar nantinya anda tidak akan kehabisan ide untuk ngeblog.

Pilih Platform blog sesuai kebutuhan.


Sangat penting untuk pemula memilih platform blog sesuai dengan kebutuhannya, banyak platform yang bisa anda coba seperti Blogger.com, Wordpress.com, Joomla dan lain sebagainya.

Mulai menulis


Lalu jika anda sudah memiliki blog, maka mulailah menulis untuk mengisi konten-konten yang berkualitas yang bisa bermanfaat bagi pembacanya. Buatlah artikel sesuai dengan topik blog yang sudah anda pilih sebelumnya.

Mempercantik tampilan Blog


Tampilan juga sangat penting agar pengunjung tidak bosan dengan blog kita, mulai lah mengatur tampilannya serapi mungkin dan buatlah menu-menu navigasinya secara jelas agar memudahkan pengunjung mencari artikel yang di inginkannya.


Itulah panduan ngeblog untuk pemula semoga bermanfaat dan berguna bagi yang sedang menekuni dunia blogging. Jadilah orang yang konsisten demi kesuksesan blog anda tersebut. Namun ingat, tampilan bukanlah segalanya, tapi konten adalah raja nya bagi blog kita.

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

1 komentar

semoga bermanfaat mas :)

Balas