5 Cara Ampuh Memperbaiki Kamera HP Android Tidak Dapat Terhubung

Mahasiswa Premium 17.12
Cusrom OS | Cara ampuh memperbaiki kamera HP Android tidak dapat terhubung. Hampir semua perangkat smartphone serta tablet Android pada era moden ini telah dibekali sebuah kamera belakang maupun depan untuk mendukung mengabadikan moment pengguna secara cepat dan sederhana. Apalagi Anda yang suka berfoto selfie, HP Android ini merupakan solusi yang sangat cocok untuk mengabadikan moment, lalu bagaimana jika kamera HP Android Anda error atau bermasalah? Masalah yang sering muncul pada kamera HP Android yaitu tidak bisa dibuka biasanya menampilkan notifikasi "Cannot Connect to Camera" atau "Tidak Dapat Terhubung ke Kamera".

HP Android tidak bisa menggunakan kamera itu rasanya kurang menarik, karena kebutuhan kamera pada zaman sekarang ini sangat penting sekali. Masalah ini tidak hanya terjadi pada HP Android lokal saja seperti Smartfren Andromax, Evercoss, Mito, Advan, dkk namun terkadang HP branded seperti Samsung, Lenovo, Xiaomi, Asus, Oppo, Acer, Sony, Huawei, dan Infinix juga mengalaminya. Salah satu faktor penyebab "Cannot Connect to Camera" atau "Tidak Dapat Terhubung ke Kamera" yang sering terjadi adalah pengguna yang telah mengganti rom atau meng-custom rom HP Androidnya. Hal ini terjadi mungkin saja karena disebabkan oleh bugs dari rom tersebut.


Namun ternyata HP Android yang tidak pernah di custom rom pun juga mengalami masalah tersebut, namanya juga buatan manusia pastinya memiliki sebuah kekurangan. Sebagai pengguna Android yang masih awam, seringkali menganggap bahwa kamera Android yang tidak berfungi dikarenakan hardware pada HP Android yang rusak, dan tidak sedikit pula pengguna yang langsung membawa HP mereka ke service center atau mengklain garansi. Namun sebelum Anda mengambil tindakan tersebut, alangkah baiknya Anda mencoba mengatasi kamera Android yang tidak dapat terhubung dengan mengikuti tips dibawah ini.

#1 Restart HP Android

Ketika aplikasi kamera tidak merespon atau tidak dapat terhubung cara yang paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan mencoba mereboot HP Android lalu melepaskan semua aksesoris seperti SIM Card, Memory Card, dan Baterai hingga beberapa menit paling lama 5 menit. Setelah itu pasang kembali dan nyalakan HP Android Anda. Jika, masih gagal coba ikuti tips dibawah ini.

#2 Hapus Cache Kamera

Menumpuknya cache atau file sampah pada aplikasi kamera HP Android memungkinkan kamera tidak bisa dibuka, maka dari itu Anda perlu menghapus file cache maupun data pada aplikasi kamera HP Android Anda. Untuk menghapus Cache kamera, Anda bisa menuju Pengaturan ➝ Aplikasi ➝ Semua ➝ Cari aplikasi kamera ➝ Kemudian pilih Clear Cache dan Clear data.

#3 Gunakan Aplikasi Kamera Pihak Ketiga

Jika aplikasi bawaan HP Anda yang error atau bermasalah, maka Anda bisa mencoba aplikasi kamera lain yang bisa Anda unduh di Google Play. Anda bisa memilih berbagai macam aplikasi kamera sesuai selera sobat baik aplikasi kamera berbayar maupun gratis.

#4 Soft Reset atau Hard Reset HP Android

Jika semua tips diatas masih belum juga terpecahkan, maka tips berikutnya yang bisa Anda tempuh adalah mereset HP Android ke setelan pabrik. Mereset HP ataupun tablet Android bisa Anda lakukan dengan dua cara yaitu soft reset dan hard reset, dimana soft reset ini bisa dilakukan melalui menu setting ➝ Buat cadangan & setel ulang ➝ Kembalikan ke setelan pabrik. Sedangkan hard reset bisa dilakukan dengan kombinasi tombol, setiap smartphone memiliki kombinasi yang berbeda-beda jadi Anda bisa mencari referensi di Google atau di situs ini.

Perlu Anda ketahui bahwa melakukan reset ke pabrik, semua data atau pengaturan yang telah tersimpan di ponsel akan terformat alias terhapus. Maka dari itu, sebelum melakukan reset HP Android ke setelah pabrik Anda dapat membackup data-data terlebih dahulu.

#5 Flashing Ulang Firmware Android

Langkah terakhir yang paling ampuh jika kamera Android tidak dapat terhubung atau error dikarenakan oleh masalah sistem software Android adalah dengan melakukan flashing firmware Android. Mungkin firmware yang sedang Anda gunakan sekarang ini dalam keadaan mengandung bugs atau error sehingga sistem tidak berjalan dengan baik sehingga meskipun sudah mengikuti cara diatas dan masih belum juga berhasil maka cara flashing bisa Anda coba.

Untuk melakukan flashing Android setiap smartphone memiliki firmware yang berbeda-beda, jadi Anda bisa mengikuti tutorial flashing sesuai tipe atau model smartphone yang Anda miliki. Saya disini juga membagikan tutorial flashing maupun hard reset Android, kalau Anda membutuhkan firmware Android Anda bisa request kepada saya.

Baca juga:
Nah, demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi kamera Android yang tidak dapat terhubung atau Can't Connect to Camera yang dapat saya sampaikan. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar dibawah, siapa tau saya bisa membantu masalah yang sobat alami. Semoga bermanfaat...!!!!

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar