Cara Ubah tampilan CMD seperti Terminal Linux

08.23
Tampilan cmd mirip terminal linux
Command Promt atau yang sering disebut CMD adalah salah satu tools yang terdapat pada sistem operasi Windows yang fungsinya sangat banyak menurut saya. Namun, pada cmd kita harus memasukkan perintah agar berfungsi dengan apa yang akan kita kerjakan. Berbeda dengan software lain yang cuma hanya klik, open dan lain sebagainya.

Banyak orang yang berurusan dengan duni Network menggunakan tools ini untuk melakukan berbagai perintah. Seperti untuk melihat IP pada suatu jaringan, Melihat kecepatan internet, Cek whois website dan perintah lain sebagainya. Jika belum paham dengan command promt ini saya sarankan sobat belajar dulu untuk melihat berbagai perintah cmd yang dapat sobat gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Namun, disini kita bukan membahas bagaimana cara memasukkan berbagai perinta di cmd, melainkan cara ubah tampilan cmd seperti terminal di Linux pada umumnya. Nah, jika sobat sudah kenal dengan yang namanya Linux, pasti sobat sudah mengetahui bagaimana tampilan terminal di linux. Lain halnya dengan di windows yang hanya begitu saja. Untuk mengubah tampilannya agar cantik, mari kita ikuti langkah-langkah berikut ini.

Pertama, silahkan buka CMD nya pada laptop masing-masing dengan cara tekan tombol windows + R atau Run, kemudian tuliskan cmd pada kotak tersebut dan tekan enter. Nah, tampilan default cmd terlihat seperti dibawah ini.


Selanjutnya sobat klik kanan pada taskbarnya dan pilih " Properties ". Nah, disini kita bisa mengubah warnah font, jenis font maupun transparannya. Untuk mengubah warnah font, sobat klik aja ke menu " Color " dan ubah warna screen text nya menjadi warna yang kalian sukai. Kalau disini saya memakai warna Green. dan tampilannya akan begini.


Nah, kalau di linux kita lihat tampilan terminalnya agar transparan, namun di cmd kita juga bisa membuatnya dengan cara, klik menu seperti langkah sebelumnya dan atur transparantnya sesuai dengan keinginan sobat. Lihat gambar.


Selesai. Itulah langkah-langkah cara membuat tampilan cmd menjadi seperti terminal di linux. Untuk transparannya hanya bisa di setting pada windows 10. Pada windows sebelumnya, filter transparan ini belum bisa digunakan. Semoga bisa bermanfaat.

Tags : cara ubah tampilan cmd seperti terminal, cara percantik cmd, kali linux, backtrack, ubuntu.

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

1 komentar

BARU tahu mbahe nak, tapi agak ribet juga ya . mbahe suka yang transparan2 mantap

Balas