Cara Root Asus Zenfone 3 ZE520KL dan ZE552KL

Mahasiswa Premium 17.38
Cusrom OS | Cara Root Asus Zenfone 3 ZE520KL dan ZE552KL. Asus tahun ini merilis smartphone Android terbarunya sebagai penerus dari seri sebelumnya yaitu Asus Zenfone 2. Pada seri Asus Zenfone 3 kali ini, Asus meningkatkan performa serta desain yang lebih premium. Persamaan dari kedua spesifikasi ponsel ini adalah dibekali dengan chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 yang didukung dengan processor Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 dan dibekali pengolahan grafis Adreno 506. Pada bagian media penyimpanan dan RAM juga Asus membekali kapasitas yang sama, memang kedua smartphone ini nampak identik.

Namun perbedaan dari smartphone ini adalah terletak pada bagian ukuran layar dan juga kapaitas baterai. Pada Zenfone 3 ZE552KL, Asus membekalinya dengan kapasitas daya 3000 mAh, sedangkan Zenfone 3 ZE520KL hanya dibekali 2600 mAh. Terlepas dari itu, bagi kamu pengguna salah satu ponsel tersebut dan bingung mencari tutorial cara root, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial cara root Asus Zenfone 3 ZE520KL dan ZE552KL. Sebagai ponsel yang baru saja dirilis, tentu untuk mencari tutorial root masih jarang ada.


Untungnya pada artikel kali ini sudah ada tutorial cara rootnya, untuk melakukan root Asus Zenfone 3 ZE520KL dan ZE552KL ini masih belum ada cara yang tanpa menggunakan PC. Jadi pada artikel tutorial root ini kamu harus ekstra fokus untuk melakukannya. Sebelum memulai tutorial cara root Asus Zenfone 3 ZE520KL dan ZE552KL, pastikan data-data yang ada pada smartphone sudah kamu backup untuk menghindari loss data atau hilangnya data pada saat proses root. Baiklah, berikut tutorial cara root Asus Zenfone 3 ZE520KL dan ZE552KL.

Cara Root Asus Zenfone 3 ZE520KL dan ZE552KL

Bahan yang dibutuhkan
  1. Download semua file diatas, kemudian install ADB Fastboot Tool, setelah itu restart terlebih dahulu komputer atau laptop sobat.
  2. Copy file dot.supersu, SuperSU, dan TWRP ke Local Disk C > Program Files (X86) > Minimal ADB And Fastboot > Letakkan disini.
  3. Silahkan sobat rename file TWRP menjadi Recovery.
  4. Selanjutnya, ekstrak file Unlock Bootloader Tool dan pindahkan ke memori internal Zenfone 3
  5. Kemudian install Unlock Bootloader Tool dan jalankan aplikasinya.
  6. Silahkan sobat ikuti panduan aplikasinya, jika berhasil di Unlock Bootloadernya nanti Zenfone 3 akan melakukan restart secara otomatis.
  7. Jika Unlock Bootloader sudah sukses, langkah berikutnya aktifkan USB Debugging pada smartphone. Masuk ke Setting > About Phone > Tap sebanyak 7x pada bagian Build number. Lalu kembali ke Setting > Developer Option > Enable USB Debugging.
  8. Sambungkan ponsel ke komputer atau laptop menggunakan kabel data.
  9. Masuk ke folder Minimal ADB And Fastboot lalu tekan Tombol Shift sambil klik kanan di dalam Folder tersebut lalu pilih Open Command Windows Here dan nanti akan muncul sebuah tampilan CMD.
  10. Kemudian ketikkan perintah dibawah (Warna pink) ini pada CMD tersebut.
    - adb devices (Lalu tekan enter, jika muncul Pop-up di Asus Zenfone 3 pilih OK (Berarti sukses terbuhung dengan baik)
    - adb reboot bootloader (Lalu tekan enter, maka Asus Zenfone 3 akan masuk ke Mode Fastboot)
  11. Jika sudah masuk ke Mode Fastboot, langkah selanjutnya ketikkan lagi perintah (Warna pink) dibawah ini pada CMD.
    - fastboot flash recovery recovery.img (Lalu tekan enter dan tunggu sampai proses selesai)
    - fastboot reboot reboot (Lalu tekan enter, nanti Asus Zenfone 3 akan masuk ke Mode Recovery)
  12. Setelah masuk Mode Recovery, selanjutnya pilih opsi Recovery (Untuk mengarahkan silahkan gunakan tombol volume dan untuk memilih atau enter silahkan tekan tombol Power)
  13. Nah, sekarang sobat masuk pada menu TWRP dan pilih menu Keep Read Only.
  14. Kamudian pilih Advanced > Adb Sideload > Swipe to Start ADB Sideload.
  15. Setelah itu ketikkan perintah (Warna pink) dibawah ini pada CMD tadi
    - adb devices lalu enter
    - adb push dot.supersu/data/.supersu lalu enter (Ketikkan sesuai dengan nama file)
    - adb sideload UPDATE-SuperSU-v2.65.zip lalu enter (Ketikkan sesuai dengan nama file SuperSU)
  16. Selesai, kemudian pada menu TWRP di Zenfone 3 pilih Reboot to System.
Video Tutorial Cara Root Asus Zenfone 3

    Untuk mengetahui Asus Zenfone 3 ZE520KL atau ZE552KL yang sukses di root atau belum, silahkan baca cara mengetahui HP Android yang sudah di root atau belum. Bagaimana terlihat cukup rumit kan? Namun jika lebih teliti dan fokus serta langsung di praktikkan maka akan lebih mudah dipahami. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

    Artikel Lainnya

    Previous
    Next Post »
    Blogger
    Disqus
    Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

    Tidak ada komentar